PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN
PENDEKATAN CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING)
Sekolah : SDN 8 Purwodadi
Kelas/ Semester : IV/I
Standar Kompetensi
1.
Memahami
sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi
Dasar
1.5
Menghargai berbagai peninggalan
sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga
kelestarianya
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
· Guru dan siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi, dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali
pelajaran.
· Guru dan siswa bertanya jawab
tentang peninggalan sejarah yang siswa ketahui.
· Guru memberikan motivasi kepada
siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan berbagai jenis peninggalan sejarah di
Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·
Siswa
menyebutkan berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota
provinsi).
·
Dari
berbagai jawaban yang disampaikan siswa, guru menjelaskan kepada siswa tentang
jenis peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
Elaborasi
·
Guru
dan siswa bertanya jawab siapakah yang pernah berkunjung ketempat peninggalan
sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·
Guru
membentuk kelompok diskusi kelas sesuai dengan jumlah anggota kelas.
·
Siswa
diminta untuk berdiskusi mengenai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat
(kabupaten/kota provinsi).
·
Siswa
melaporkan hasil diskusi kelompok didepan kelas.
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa .
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
Kegiatan Penutup
·
Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang materi yang telah disampaikan.
·
Guru
melakukan evaluasi, penilaian, dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru dan
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Semarang,
22 Maret 2013
Guru
Mata Pelajaran IPS
Ian
Bagus Koko Darminto
NPM
11120079
Tidak ada komentar:
Posting Komentar