INDONESIA BELAJAR

Jumat, 22 Maret 2013

PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING)



PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING)
Sekolah                       : SDN 8 Purwodadi
Kelas/ Semester         : IV/I
Standar Kompetensi
1.          Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan  kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar
1.5  Menghargai berbagai peninggalan  sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
· Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi, dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
· Guru dan siswa bertanya jawab tentang peninggalan sejarah yang siswa ketahui.
· Guru memberikan motivasi kepada siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru meminta siswa untuk menyebutkan berbagai jenis peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Siswa menyebutkan berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Dari berbagai jawaban yang disampaikan siswa, guru menjelaskan kepada siswa tentang jenis peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
            Elaborasi
·         Guru dan siswa bertanya jawab siapakah yang pernah berkunjung ketempat peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Guru membentuk kelompok diskusi kelas sesuai dengan jumlah anggota kelas.
·         Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok didepan kelas.

             Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan Penutup
·            Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang materi yang telah    disampaikan.
·            Guru melakukan evaluasi, penilaian, dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


                                                                                   Semarang, 22 Maret 2013   

                                                                                   Guru Mata Pelajaran IPS


                                                                                   Ian Bagus Koko Darminto
                                                                                   NPM 11120079



Tidak ada komentar:

Posting Komentar