INDONESIA BELAJAR

Jumat, 22 Maret 2013

Gue calon guru SD





"GUE BANGGA JADI CALON GURU SD"





PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING)



PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING)
Sekolah                       : SDN 8 Purwodadi
Kelas/ Semester         : IV/I
Standar Kompetensi
1.          Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan  kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar
1.5  Menghargai berbagai peninggalan  sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
· Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi, dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
· Guru dan siswa bertanya jawab tentang peninggalan sejarah yang siswa ketahui.
· Guru memberikan motivasi kepada siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru meminta siswa untuk menyebutkan berbagai jenis peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Siswa menyebutkan berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Dari berbagai jawaban yang disampaikan siswa, guru menjelaskan kepada siswa tentang jenis peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
            Elaborasi
·         Guru dan siswa bertanya jawab siapakah yang pernah berkunjung ketempat peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Guru membentuk kelompok diskusi kelas sesuai dengan jumlah anggota kelas.
·         Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai peninggalan sejarah di Iingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi).
·         Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok didepan kelas.

             Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Kegiatan Penutup
·            Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang materi yang telah    disampaikan.
·            Guru melakukan evaluasi, penilaian, dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


                                                                                   Semarang, 22 Maret 2013   

                                                                                   Guru Mata Pelajaran IPS


                                                                                   Ian Bagus Koko Darminto
                                                                                   NPM 11120079